Latest Post
Loading...

Kelas Maya (Virtual Class)

 A.Pengertian Kelas Maya (Virtual Class)
  Virtual class dalam arti bahasanya adalah kelas virtual atau kelas maya. Sedangkan menurut istilah adalah sebuah lingkungan belajar yang ada hanya dalam konten digital yang disimpan, diakses dan dipertukarkan melalui jaringan komputer dan sistem informasi, sehingga dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

Penerapan Sistem Virtual Class
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penerapan virtual Class adalah :

a.Ketersediaan hardware dan software pendukung yang dibutuhkan

b.Tersedianya infrastuktur jaringan pendukung yang memadai

c.Kebijakan yang mendukung pelaksanaan virtual Class






  

B. Jenis-Jenis Penyampaian di Kelas  MAYA
 
1.Learning Management System (LMS)

  LMS adalah perangkat lunak untuk perencanaan, pengiriman, dan pengelolaan kegiatan pembelajaran dalam sebuah organisasi, termasuk online, ruang kelas virtual, dan program.

2. Learning Content Management System (LCMS)
         LCMS merupakan pengembangan lebih lanjut dari LMS. LCMS adalah perangkat lunak untuk mengelola konten pembelajaran di berbagai bidang pelatihan pengembangan. LCMS tidak hanya dapat membuat, mengelola dan memberikan modul-modul pelatihan saja, tetapi juga mengelola dan mengedit semua bagian yang membentuk sebuah katalog pelatihan. Aplikasi LCMS memungkinkan pengguna untuk membuat, mengimpor, mengelola, mencari dan menggunakan kembali unit kecil dari konten pembelajaran digital dan aset, sering disebut sebagai objek pembelajaran

3. Social Learning Network (SLN) 
     SLN adalah pembelajaran yang terjadi pada skala yang lebih luas daripada individu atau kelompok belajar, hingga skala sosial, melalui interaksi sosial antara rekan-rekan. Ini mungkin atau mungkin tidak menyebabkan perubahan sikap dan perilaku.

 

0 Response to "Kelas Maya (Virtual Class)"

Post a Comment