Latest Post
Loading...

Arti dan Fungsi Surat

Arti dan Fungsi Surat-Surat adalah sarana untuk menyampaikan pernyataan atau informasi tertulis pada pihak lain.Informasi itu dapat berupa pemberitahuan, pernyataan, pertanyaan, permintaan, buah pikiran dan lain-lain.

Surat sebagai sarana telekomunikasi tertulis memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan alat-alat komunikasi lain seperti telepon, radio, televisi, telegrap, teleks, karena surat merupakan bukti nyata "hitam di atas putih", juga dapat menyampaikan bahan komunikasi sesuai dengan kehendak sumbernya secara lebih lengkap, dan dengan biaya yang relatif lebih murah. Akan tetapi mengadakan hubungan melalui surat memang tidak sederhana, karena dalah hal-hal tertentu memerlukan persiapan dan kegiatan yang cukup banyak, seperti persiapan bahan dan alat tulis, pengimlakan atau pengonsepan, penulisan atau pengetikan, pengiriman, penyimpanan arsip, pemakaian tenaga kerja manusiadan alat alat kantor.

Surat dapat dipandang berhasil guna, jika yang dikomunikasikan itu sampai kepada tujuannya, dan sesuai dengan tujuan yang dimaksud oleh pengirimnya. Oleh karena itu, surat harus jelas dan terang makudnya, sebab surat yang tidak jelas dan terang maksudnya akan mengakibatkan penerima tidak mengerti apa yang dimaksud dalam surat itu, atau memperoleh jawaban tidak seperti yang dikehendak, atau menimbulkan keragu-raguan bagi yang menerima, atau menimbulkan kesan yang berbeda.

Surat adalah"duta" organisasi, an tidak jarang dipandang sebagai cermin mentalis, jiwa, dan kondisi intern organisasi. Oleh karena itu, kita harus selalu berhati-hati dan bersungguh-sungguh dalam menulis surat, jangan sampai menimbulkan kesan yang salah atau yang jelek.

Sebagai sarana komunikasi, terutama surat resmi juga berfungsi sebagai:
  1. Alat bukti tertulis, misalnya surat perjanjian;
  2. Alat pengingat atau berpikir, seperti surat-surat yang sudah diarsipkan;
  3. Bukti historis, misalnya surat-surat dalam arsip lama sebagai sumber untuk mengetahui perkembangan masa lampau;
  4. Pedoman kerja, misalnya surat keputusan atau intruksi.


 Kunjungi Juga:
-Mengapa Sulit Menghafal? inilah solusinya!
-Mengapa Impian Harus Ditulis?

0 Response to "Arti dan Fungsi Surat"

Post a Comment